PERANAN PSIKOLOG SEKOLAH PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN (TK, SD, SMP, DAN SMA)



1.                Perbedaan Psikologi Sekolah dan Psikologi Pendidikan
Menurut Santrock, psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada pemahaman tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan.
Sedangkan psikologi sekolah menurut American Psychological Association (APA), adalah cabang ilmu psikologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan praktek psikologi untuk anak-anak, remaja, dan keluarga; pelajar segala usia; dan proses pendidikan. Pendidikan dasar dan pelatihan psikolog sekolah mempersiapkan mereka untuk menyediakan berbagai diagnosa psikologis, penilaian, intervensi, pencegahan, promosi kesehatan dan program pembangunan dan evaluasi layanan dengan fokus khusus pada proses perkembangan anak dan remaja dalam konteks sekolah, keluarga dan sistem lainnya.

2.                Peranan Psikolog Sekolah
Psikolog sekolah merupakan orang yang terlatih dama bidang psikologi dan pendidikan. Psikolog sekolah membantu para siswa berhasil secara akademik, sosial, perilaku dan emosional. Mereka bekerja sama dengan para guru atau tenaga pengajar, orang tua dan para profesional lainnya dalam membentuk lingkungan belajar yang, sehat, nyaman, suportif yang memperkuat hubungan antara rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat untuk seluruh siswa.
Berikut merupakan tabel perbedaan tugas dan peranan psikolog sekolah dalam tiap jenjang pendidikan dari TK sampai SMA:
Jenjang/
Aspek
TK
SD
SMP
SMA
Akade-mik
v  Mengembang-kan rasa insiatif pada diri anak.
v  Menumbuhkan semangat belajar pada diri anak
v  Membantu anak untuk mengeks-presikan bakat
v  Membantu anak menemukan minat dan bakatnya
v  Membantu siswa dalam memahami tujuan hidupnya (pekerjaan masa depan)
Sosial
v  Mengembang-kan kemandi-rian  dan konsep self-sufficiency pada anak
v  Membantu anak dalam menye-suaikan diri dengan teman sebaya
v  Membantu anak memahami arti bermain secara kompetitif.
v  Membantu anak dalam memahami arti toleransi dalam berteman
v  Membimbing anak dalam mengeksplorasi peran berbeda untuk memahami jati dirinya
Perilaku
v  Membimbing anak untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri
v  Membimbing anak agar mene-rapkan perilaku sopan santun
v  Membimbing anak untuk belajar bertanggung jawab terhadap tugas sekolah dan rumah
v  Membantu anak untuk mengontrol perilaku agresi
v  Membimbing anak dalam mengendalikan ketertarikan seksualnya (pacaran)
Emosi-onal
v  Membantu anak untuk mengeks-presikan emosi dengan baik
v  Membantu anak dalam mengem-bangkan pera-saan berani bermimpi
v  Menimbulkan rasa percaya diri pada anak
v  Membimbing anak untuk mengen dalikan emosi yang tidak stabil
v  Membimbing anak dalam mengendalikan emosi yang tidak stabil
v  Membantu dalam meyakinkan identitas diri


3.                Daftar Pustaka

Lahey, Benjamin, B. 2005. Psychology: an Introduction. 11th edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
Papalia & Olds, 2004, Human Development, New York : McGraw-Hill Book Co.
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Related Posts

0 komentar