PERANAN PSIKOLOG SEKOLAH PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN (TK, SD, SMP, DAN SMA)
1.
Perbedaan Psikologi Sekolah dan Psikologi Pendidikan
Menurut
Santrock, psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang
mengkhususkan diri pada pemahaman tentang proses belajar dan mengajar dalam
lingkungan pendidikan.
Sedangkan
psikologi sekolah menurut American Psychological Association (APA), adalah cabang
ilmu psikologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan praktek psikologi
untuk anak-anak, remaja, dan keluarga; pelajar segala usia; dan proses
pendidikan. Pendidikan dasar dan pelatihan psikolog sekolah mempersiapkan
mereka untuk menyediakan berbagai diagnosa psikologis, penilaian, intervensi, pencegahan,
promosi kesehatan dan program pembangunan dan evaluasi layanan dengan fokus
khusus pada proses perkembangan anak dan remaja dalam konteks sekolah, keluarga
dan sistem lainnya.
2.
Peranan Psikolog Sekolah
Psikolog sekolah
merupakan orang yang terlatih dama bidang psikologi dan pendidikan. Psikolog sekolah
membantu para siswa berhasil secara akademik, sosial, perilaku dan emosional.
Mereka bekerja sama dengan para guru atau tenaga pengajar, orang tua dan para profesional
lainnya dalam membentuk lingkungan belajar yang, sehat, nyaman, suportif yang
memperkuat hubungan antara rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat untuk
seluruh siswa.
Berikut
merupakan tabel perbedaan tugas dan peranan psikolog sekolah dalam tiap jenjang
pendidikan dari TK sampai SMA:
Jenjang/
Aspek
|
TK
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Akade-mik
|
v Mengembang-kan
rasa insiatif pada diri anak.
|
v Menumbuhkan
semangat belajar pada diri anak
v Membantu
anak untuk mengeks-presikan bakat
|
v Membantu anak
menemukan minat dan bakatnya
|
v Membantu
siswa dalam memahami tujuan hidupnya (pekerjaan masa depan)
|
Sosial
|
v Mengembang-kan
kemandi-rian dan konsep self-sufficiency pada anak
v Membantu
anak dalam menye-suaikan diri dengan teman sebaya
|
v Membantu
anak memahami arti bermain secara kompetitif.
|
v Membantu
anak dalam memahami arti toleransi dalam berteman
|
v Membimbing
anak dalam mengeksplorasi peran berbeda untuk memahami jati dirinya
|
Perilaku
|
v Membimbing
anak untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri
v Membimbing
anak agar mene-rapkan perilaku sopan santun
|
v Membimbing
anak untuk belajar bertanggung jawab terhadap tugas sekolah dan rumah
|
v Membantu
anak untuk mengontrol perilaku agresi
|
v Membimbing
anak dalam mengendalikan ketertarikan seksualnya (pacaran)
|
Emosi-onal
|
v Membantu
anak untuk mengeks-presikan emosi dengan baik
v Membantu
anak dalam mengem-bangkan pera-saan berani bermimpi
|
v Menimbulkan
rasa percaya diri pada anak
|
v Membimbing
anak untuk mengen dalikan emosi yang tidak stabil
|
v Membimbing
anak dalam mengendalikan emosi yang tidak stabil
v Membantu
dalam meyakinkan identitas diri
|
3.
Daftar Pustaka
Lahey, Benjamin, B. 2005. Psychology: an Introduction. 11th
edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
Papalia
& Olds, 2004, Human Development, New York : McGraw-Hill Book Co.
Santrock, John W. 2004. Psikologi
Pendidikan Edisi Kedua. Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Backlinks
URL : |
Code For Forum : |
HTML Code : |
0 komentar